Sifat Penyendiri Membuatku Kesepian


Sifat Penyendiri Membuatku Kesepian

Hai sobat, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman atau kisah hidup saya yang akan mengulik segala hal tentang arti dari kata “kesepian”, kata yang lumrah atau biasa kalian dengar jika seseorang sedang merasa sendirian. Tidak sedikit orang yang pernah mengalami kesepian atau bisa dibilang hampir setiap orang pasti pernah merasakan hal itu dan banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami peristiwa yang gue anggap sebagai salah satu musuh terbesar dalam hidup ini.

Apa kesepian itu?
Setiap orang di dunia ini pasti tak ingin merasa sendiri dalam hidupnya, tak ingin merasakan kesepian dan menginginkan banyak teman ataupun kerabat untuk sekedar curhat atau saling menolong dan berbagi. Karena itu adalah sifat alami manusia yang merupakan makhluk sosial, perlu beriteraksi dan saling membutuhkan satu sama lain. Akan tetapi terlepas dari itu semua, setiap orang pasti pernah merasakan kesepian dan banyak kondisi yang terkadang membuat seseorang merasakan kesepian. Meskipun kesepian dinilai sebagai hal yang biasa, namun bagi beberapa orang -termasuk saya- mengalami dampak yang dramatis dalam hidup karena permasalahan ini.
Kesepian dapat dikatakan suatu keadaan mental dan emosi negatif yang terjadi pada seseorang seperti depresi, cemas, ketidakpuasan, kesedihan dan terkadang menyalahkan diri sendiri. Salah satu penyebabnya adalah ketidaksesuaian antara hubungan sosial yang diharapkan dengan hubungan yang dimiliki saat ini, seperti kurangnya pertemanan, perasaan ingin menyendiri dan tidak memiliki kekasih. Dalam hal ini, kesepian lebih banyak dampak negatifnya dibandingkan dampak positif dan dibawah ini terdapat beberapa penjelasan tentang dampat negatif dan positif dari kesepian/ kesendirian yang pernah saya rasakan selama ini.


Dampak negatif dan positif dari kesepian atau kesendirian
» Lebih menghargai arti dari kehidupan dan persahabatan
Selama masa-masa kesepian yang saya alami, saya berpikir jika hidup ini terlalu singkat untuk direnungkan akan masalah kesepian. saya harus merubah segala macam kegiatan yang menjerumuskan saya akan kesepian itu seperti halnya menghabiskan waktu untuk menyendiri di dalam kamar. Padahal banyak kegiatan yang saya bisa lakukan selain berselancar didunia maya dan hampir melupakan dunia nyata. Jika membahas tentang persahabatan, saya terlalu fokus akan projek yang saya kerjakan didunia maya dan melepaskan semua ikatan pertemanan yang saya miliki di dunia nyata. Memang terdengar bodoh, namun saya bermaksud untuk menghilang dari kehidupan mereka (teman-teman) dan kembali dengan sebuah kesuksesan yang nyata untuk saya. Mungkin kalian bertanya kenapa tidak saling bertegur sapa di dunia maya? Ya, memang sesekali saya menyapa mereka akan tetapi karena sifat pendiam -mungkin dalam konteks ini adalah seorang pemalu- yang saya miliki, saya jarang memposting disosial media. Hal tersebutlah yang mengakibatkan sulitnya melakukan percakapan jika tidak ada bahan untuk dibicarakan.

» Pikiran Lebih Tenang
Untuk seseorang yang baru mengalami kesepian ditahap awal, memang pikirannya akan tenang dan menikmati kesepian itu namun dalam peristiwa yang saya alami, mungkin sudah kedalam tahap stadium 4 atau sudah kronis. Pikiran saya sudah kemana-mana, depresi, tak tau harus berbuat apa dan merasa tidak memiliki teman sama sekali. Saya merasa hidup saya ini tak ada gunanya, jika hidup ini hanyalah sebuah permainan rasanya ingin merestart ulang semua kehidupan yang telah saya lalui dan memainkannya kembali untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan masa lalu yang berakibat fatal hingga saat ini. Memang terdengar konyol dan kekanak-kanakan, tetapi masalah kesepian -terutama keputusasaan- yang saya alami ini jauh lebih besar dibandingkan yang kalian pikirkan saat membaca cerita ini. Semoga hanya saya saja yang pernah mengalami penderitaan seperti ini dan tidak ada lagi orang-orang yang merasa kesepian mendalam setelah saya berbagi salah satu pengalaman pahit yang saya miliki ini.

» Meningkatkan Produktivitas
Orang yang sering menyendiri atau suka menyendiri ternyata dapat membuat sesuatu yang berkelas dan unik, yang pasti tidak semua orang bisa melakukannya. Hal ini dikarenakan orang yang menyendiri lebih sering menenangkan pikirannya, bahkan para ilmuwan juga lebih suka menyendiri dibanding melihat atau merasakan keramaian. Sebab itu mereka para ilmuwan selalu di ruang tertutup untuk menciptakan sesuatu yang bisa mengubah dunia seperti halnya seorang ilmuwan yang menemukan hukum relativitas, Albert Einstein. Salah satu quote dari Einstein yang membahas tentang kesepian.
it is strange to be known so universally and yet to be so lonely”  -sangat aneh jika dikenal secara luas akan tetapi merasa sangat kesepian-

» Mendekatkan dan menjauhkan dari hal negatif

Jika kalian memiliki teman dekat yang bisa dibilang cukup "nakal" maka otomatis kalian akan terbawa arus perilaku yang mereka lakukan, akan tetapi hal tersebut tidak akan terjadi kepada kalian yang memiliki sifat penyendiri karena sifat ini sangat selektif untuk memilih teman bermain dan teman yang hanya sekedar teman. Seperti halnya yang saya alami, setelah lulus dari SD saya bersyukur karena tidak bermain lagi dengan teman dilingkungan rumah, walaupun terkadang merasa kesepian. Kenapa saya bersyukur? Karena setelah saya 'bermeditasi' di dalam kamar, perubahan secara drastis terjadi pada teman-teman saya, kini mereka menjadi seorang perokok, peminum, dan parahnya lagi sekarang mereka "main" cewe, you know-lah. Sebenarnya memang sudah lama dilakukan oleh 'abang-abangan' dan kini diwariskan kepada kaum mudanya. Bahkan tak jarang teman saya yang laki-laki sudah ada yang menikah dan punya anak. tetapi tak hanya teman laki-laki saja, teman perempuan saya juga banyak yang sudah punya anak padahal belum menikah, hehehe. 

Sifat Penyendiri Membuatku Kesepian


Introvert Membuat Saya Kesepian
Pada awalnya saya tidak terlalu memperdulikan masalah tersebut karena walaupun kesepian, saya masih memiliki beberapa kesibukan di dunia nyata maupun di dunia maya. Namun beberapa bulan belakangan ini, entah kenapa baru saya sadari bahwa hidup saya ini benar-benar kesepian. Mungkin karena libur panjang yang hanya di habiskan di rumah tanpa adanya kesibukan yang berarti, beberapa perilaku bodoh yang saya ceritakan diatas kepada keteman-teman saya, tidak memiliki pacar atau kekasih dan sifat introvert saya yang lebih suka diam seharian dikamar memandangi laptop, bukannya lebih mempererat ikatan bersama teman atau keluarga. Sebelum saya menceritakan pengalaman saya tentang kesepian, menurut kalian apa sih arti kata sesungguhnya dari kesepian itu? Berdasarkan dari pengalaman pribadi kalian.
Memiliki sifat introvert (penyendiri dan pendiam) memanglah tidak mudah untuk dijalani. akan tetapi karena sudah menjadi kepribadian, sulit untuk dilepaskan walaupun tidak menutup kemungkinan bisa merubahnya menjadi sifat yang lebih friendly. sifat yang dimiliki saya ini tidak suka basa-basi contohnya dalam percakapan, inginnya langsung to the point, yang membuat para perempuan ketika melakukan percakapan dengan saya merasa ilfeel karena balasan yang saya katakan terlalu singkat, seperti ingin segera menyelesaikan percakapan. hal tersebutlah yang saya sesali dari sifat introvert ini. karena sifat tersebut, kini saya menjadi sulit untuk bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan baru. akan tetapi, jika saya sudah mulai bisa beradaptasi dengan seseorang, layaknya orang normal, mereka akan merasa nyaman jika bercakap dengan saya -just opinion- karena saya selalu menambahkan beberapa bumbu canda dalam setiap percakapannya.

Dalam hidup ini, ada 3 fator yang tidak bisa terlepas dari diri saya, yaitu sendiri, menunggu dan kesepian. Sendiri, karena memiliki sifat introvert yang telah saya jelaskan. Menunggu, mungkin banyak dari kalian yang juga merasakan hal ini apalagi menunggu untuk hal-hal yang tak pasti dan hanya membuang-buang waktu, dalam kasus ini mungkin suatu hari nanti saya akan menyesal karena telah membuang-buang waktu yang berharga ini untuk hal yang tak pasti. Dan kesepian, hal yang paling saya benci tetapi entah kenapa selalu saya rasakan setiap harinya dan semuanya telah saya tuangkan dalam artikel ini.

Dari beberapa penjelasan dampak kesepian yang telah dibahas diatas, saya bertanya-tanya akan tujuan sebenarnya dari hidup ini, apa yang telah saya capai selama ini, kapan saya akan merasakan kesuksesan seperti yang dirasakan orang lain dan apakah saya sudah membuat orang tua saya bangga telah memiliki anak seperti saya. Memang seharusnya hal-hal tersebut bukan untuk dipikirkan, tetapi dilaksanakan dan dicapai sekuat kemampuan kita untuk meraihnya. Telalu bodoh untuk direnungkan, bahkan untuk ditangisi. Namun hal itu saya lakukan karena sudah tak tau apa lagi yang harus diperbuat, saya terlalu kecil untuk masalah yang sebesar ini.
Namun saya bertekad untuk merubah sifat introvert saya menjadi lebih terbuka atau lebih bersahabat, ramah, murah senyum -mungkin sulit- dan mencoba untuk lebih percaya diri karena selalu ada langkah pertama untuk memulainya. Setelah saya mencoba menghilangkan rasa keresahan tentang sepinya hidup saya, beberapa kata mutiara atau quotes saya terapkan dalam hidup ini seperti :
"masalah besar saya punya Tuhan yang maha besar",
"masalah ada untuk diselesaikan bukan untuk ditinggalkan" dan
"saya diciptakan untuk sesuatu yang lebih besar daripada masalah ini".
Beberapa quotes tersebut saya ambil dari film-film kisah nyata yang memotivasi dan inspiratif.  Setidaknya dari hal kecil tersebut saya mendapatkan kembali semangat untuk memperjuangkan hidup agar setiap harapan yang saya miliki segera tercapai.

Kisah Nyata Melawan Kesendirian
A Beautiful Mind, sebuah film kisah nyata produksi dari Universal Studio yang dirilis pada tahun 2001 ini menceritakan perjalanan seorang matematikawan, ia adalah John Nash. Beliau mendedikasikan hidupnya untuk menjadi seorang Professor dengan mempertaruhkan semua ikatan pertemanan yang ia miliki untuk mencapai keinginannya tersebut. pada inti ceritanya, John ternyata menderita penyakit ’skizofrenia’ yang membuat ia memiliki teman-teman khayalan yang dianggapnya sebagai teman yang nyata. di dalam dunia nyatanya, John tak memiliki teman karena ia merasa kejeniusannya itu dianggap sesuatu yang aneh oleh orang-orang dan ia menganggap orang lain tidak ada yang bisa mengerti kondisi kepintarannya tersebut, mungkin karena sudah terlalu jenius. Namun di akhir ceritanya -Spoiler- ia menjadi seseorang yang ‘dianggap’ normal karena telah berhasil melawan teman khayalannya dan memiliki sebuah komunitas atau kelompok belajar. kesembuhannya itu dibantu oleh sang istri, Alicia Nash yang setia menemaninya dalam masa-masa kritisnya dahulu.


Perjalanan hidup John membuat pikiran saya lebih terbuka, bahwa segala hal yang kita miliki, bahkan kejeniusan, jangan membuat kita melupakan kodrat alami kita yang membutuhkan teman dan keluarga yang selalu mensupport atau mendukung kita dalam kondisi apapun. setiap manusia sangat membutuhkan peran orang lain untuk kelangsungan hidupnya karena kita diciptakan untuk saling bersosialisasi bukannya individualis. pepatah dulu mengatakan "bersatu kita teguh bercerai kita runtuh"
Sifat Penyendiri Membuatku Kesepian

Sedikit saran untuk menghilangkan kesepian
» Melakukan kegiatan aktif
Kesendirian atau kesepian cenderung membuat sipenderitanya melakukan hal-hal negatif yang membuatnya merasa putus asa. Jadi, disarankan lakukanlah kegiatan-kegiatan yang bersifat positif yang bisa membuat kalian melupakan kesepian seperti halnya : melakukan rutinitas yang menyenangkan, membaca buku, mendengarkan dan bermain alat musik, refreshing bersama teman atau keluarga, kegiatan berolahraga, menyalurkan hobi, menulis, pergi ke bioskop dan sebagainya.

» Membuat kontak sosial
Bagi saya melakukan kontak atau hubungan sosial menjadi sulit karena sifat introvert yang telah dijelaskan diatas. Sebaiknya, cobalah merubah sifat tersebut dengan cara beradaptasi dilingkungan baru, perbanyaklah percakapan didunia nyata dibandingkan chatting didunia maya dengan mengunjungi seseorang, ikutlah kedalam sebuah komunitas seperti yang sedang booming saat ini, Stand Up Comedy, karena kita akan belajar mengeluarkan uneg-uneg, menjadi lebih percaya diri dan mendapatkan lebih banyak teman.

Quotes yang saya kutip dari anime favorit “teman adalah orang yang menyelamatkanku dari neraka yang bernama kesepian” . ya, memang bisa dibilang teman adalah salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan kesepian. Bersama mereka kita bisa melupakan sejenak bahkan menghilangkan kesepian yang ada pada diri kita. Untuk kalian yang beruntung telah memiliki sahabat -baik baru maupun yang telah bertahun-tahun- bersyukurlah dan jaga terus ikatan persahabatan kalian, karena selama hidup ini saya belum menemukan sahabat sejati yang saling ada saat dibutuhkan. Sahabat bukan diukur dari seberapa lama kalian berteman akan tetapi sahabat diukur dari keperdulian kalian kepada satu sama lain yang selalu ada disaat susah maupun senang. Sahabat tempat kita mencurahkan perasaan, saling support, saling bekerja sama dan berdiskusi. Jangan sampai tali persahabatan kalian terputus hanya karena masalah-masalah sepele seperti masalah percintaan, kebohongan, penghianatan dan sebagainya yang masih bisa diselesaikan dengan bermusyawarah.  Tetapi berhati-hatilah dalam menjalin persahabatan karena sahabat bisa berasal dari musuh dan musuh bisa saja berasal dari sahabat.


Begitulah kisah hidup saya tentang sifat Introvert yang membuat hidup saya kesepian. Seperti yang saya katakan diatas bahwa kesepian itu hal yang dibenci kebanyakan orang tetapi juga hal sering terjadi pada banyak orang. Peristiwa ini tak bisa dihindari tetapi bisa dicegah dengan cara tidak memutuskan tali silturahmi kepada semua orang yang kita kenal dan cintai. Jika kalian ingin membagi pengalaman atau kisah hidup kalian dari yang paling menyenangkan hingga yang paling menyedihkan, kalian bisa mengirimkannya ke e-mail saya ini myts178@gmail.com dan akan dimuat di blog ini dalam menu “pengalaman sobat MYTS” karena diblog ini kita bisa saling berbagi pengalaman dan belajar dari pengalaman orang lain. Terima Kasih sudah membaca dan berkunjung di blog sederhana saya.


Tags :

» Introvert jomblo
» Introvert adalah
» kesepian jomblo
» Introvert itu buruk
» Introvert produktif
» Introvert kesepian
» kepribadian Introvert
» Introvert apa sih
» Introvert artinya apa
» Quotes untuk Introvert
» Introvert dan pemalu
» kesepian di keramaian
» cara merubah sifat Introvert
» Introvert membuatku kesepian
» cara menghilangkan rasa kesepian
» merubah introvert menjadi ekstrovert
» cara menghilangkan kesendirian
» penyendiri yang tidak bahagia
»  sedihnya seorang penyendiri
» motivasi untuk seseorang yang kesepian
» bahaya dari kesendirian dan kesepian
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Wukuf Dilvan
admin
2/6/17, 10:18 AM ×

kuncinya untuk mengatasi kesepian cuma sosialisasi. tapi ingat bukan di dunia maya. semua org memang bisa berekspresi lewat dunia maya. tapi tidak dng dunia nyata.

Reply
avatar
Admin MY
admin
2/6/17, 10:22 AM ×

Iya gan, Sosialisasi merupakan cara ampuh dalam menghadapi kesepian namun terkadang orang yang memiliki sifat introvert itu lebih nyaman dengan kesendirian..

Reply
avatar
Terima Kasih Atas Komentarnya