Belajar Menjadi Seorang Blogger

Belajar Menjadi Seorang Blogger

Blogger, sebuah julukan untuk para pembuat blog yang telah serius untuk mengembangkan karyanya tanpa berhenti di tengah jalan. Mereka melakukan hal tersebut dengan tujuan yang berbeda-beda seperti ingin sukses di dunia internet, menginginkan pendapatan atau uang -termasuk saya, hehe..-, bahkan ada yang hanya sekedar menyalurkan hobi menulisnya.

Blogger merupakan salah satu pekerjaan yang dikatakan gampang-gampang susah. Kerjanya hanya menulis artikel dan mengoptimalkannya di mesin pencari seperti google, bing dan sejenisnya agar orang-orang bisa melihat hasil karyanya. Setelah banyaknya pengunjung, disitulah kesempatan para blogger untuk mendapatkan penghasilan. Walaupun terdapat beberapa macam blogger yang ikhlas membagi ilmu dan hasil karyanya tanpa imbalan sepeserpun.

         Pada awalnya mengenal apa itu blogger dari pencarian bagaimana menghasilkan uang secara online. Banyak yang menganjurkan untuk menjadi blogger, bisnis PTC (paid to click), survey dan sejenisnya. Karena minimnya pengetahuan tentang apa itu blog, SEO, SERP dan semacamnya, saya mengawali karir didunia online dari bisnis PTC. Pada awalnya, bisnis ini lumayan menguntungkan karena selama kurang lebih 2 minggu saya sudah mendapat dollar pertama yang disimpan di dompet online saya, Paypal. Namun, setiap usaha pasti ada jatuhnya juga, PTC yang saya ikuti mulai banyak yang scam (nipu). Beberapa bulan saya mengikuti PTC lain namun tak ada yang berbuah hasil, malahan saya menjadi merugi karena mengeluarkan modal yang saya rogoh dari dompet online agar dapat melipat gandakannya. 

Saya berpikir jika bisnis ini tak bisa saya lanjutkan, mungkin karena cara dan taktik yang salah. Dari pencarian mbah google, saya mendapatkan saran untuk menjadi seorang blogger. Seperti pada umumnya blogger pemula pasti banyak kesalahan dan kebodohan yang masih dalam batas wajar namun, dari hal tersebut kita dapat belajar agar menjadi lebih baik untuk kedepannya.
Kesalahan yang wajar dari saya itu seperti sering gonta-ganti template yang hanya membuat berat loading blog, url yang terpotong karena judul yang terlalu panjang dan kesalahan lainnya. 

Pada awal membuat blog, saya masih begitu awam, polos dan lugu dalam mengolah kata dan bahasa. Masih banyak kosa kata yang terdengar konyol dan kekanak-kanakan namun saya tegaskan lagi, masih dalam batas wajar, tidak alay hehe..

        Walaupun pengunjung blog saya masih naik turun, saya berniat untuk memasang iklan karena itu adalah tujuan utama saya dalam terjun ke dunia blogging. Iklan yang pertamakali saya pasang adalah popcash yang merupakan iklan popup yang banyak digunakan pada blog-blog download karena tak bisa memasang ads google. Satu bulan berlalu setelah pemasangan iklan dengan jumlah klik yang banyak namun pendapatannya sedikit sekali, tidak sampai $0,1 atau seribu lima ratus rupiah. Frustasi? Pastinya. Iklan tersebut mungkin tidak cocok untuk blog saya yang berisikan konten informasi saja. 

Atas kegagalan iklan tersebut, saya berniat untuk mengajukan diri ke google adsense untuk menjadi bagian darinya. Namun saya harus membekali blog saya dahulu agar dimudahkan dalam tahap demi tahap yang diberikan oleh pihak google. Saya mulai mempelajari apa itu SEO, SERP, backlink agar dapat menjadi onepage dalam pencarian mbah google dan memperbaiki isi konten pada artikel blog saya agar lebih banyak pengunjung yang membaca hasil karya saya. 

Walaupun tak memahami 100% SEO dan sejenisnya, namun pengunjung blog saya semakin lama semakin bertambah dan syukurnya kebanyakan berasal dari si mbah google. Jerih payah yang saya alami mulai terbayarkan, apalagi jika ada yang berkomentar, saya pasti langsung menjawabnya. Lain halnya jika yang berkomentar hanya ingin menaruh link aktif ataupun berkomentar yang tak pantas untuk dipublikasikan pasti langsung saya hapus.

       Setelah berhasil menanam backlink, mengimplementasikan SEO, menerapkan template yang seo friendly dan responsive, saya bertujuan untuk mendaftarkan diri kepihak google untuk mendapatkan adsense indo. Pada tahap awal saya berhasil disetujui oleh pihak goolge dan dilanjutkan tahap kedua untuk memasang iklan di blog saya. Setelah beberapa minggu menunggu hasil tahap kedua, hal yang saya takutkan pun terjadi. Penolakan yang tak dijelaskan secara spesifik dari pihak google disampaikan melalui email saya. Bingung? Frustasi? Iya.

Dari penolakan tersebut saya tak merasa putus asa dan terus mencoba memperbaiki blog yang baru saya buat 1 tahun ini. Akan tetapi selalu penolakan yang saya terima. Frustasi akan hal tersebut, saya memilih jalan lain untuk mendapatkan google ads, yaitu dengan cara mendapatkan google ads US (iklan google Amerika). 

Mencari kesana kemari tips dan trik cara mendapatkan ads US, akhirnya saya mendapatkan adsense tersebut, full approve. Senang bukan main karena tujuan utama saya untuk mendapatkan penghasilan dari via online sudah didepan mata. Beberapa bulan berlalu, akhirnya ads US saya telah melewati ambang batas penarikan dan akan dikirim PIN agar dapat menarik uang yang ada pada adsense tersebut. akan tetapi masalah ini membuat saya kembali bingung dan berpikir keras.

Dari hasil pencarian saya tentang ads US, pengiriman PIN harus melewati jasa antar barang, viabox. Jasa tersebut mengharuskan saya membayar sekitar $25 atau setara 325 ribu. Hal tersebut belum selesai sampai disitu, nanti saya diharuskan Submit Tax (pajak) sekitar 50 ribu. Hal ini lah yang membuat saya berpikir ratusan kali karena saya berprinsip untuk tidak mengeluarkan modal atau harus hasil dulu yang saya dapat. Ads US juga rentan akan blokir dari pihak google, jika dijual kembali pun harganya akan jatuh dan segala macam resiko lainnya. 
Belajar Menjadi Seorang Blogger
Dipikir lagi saya lebih baik menggunakan dan berjuang untuk mendapatkan ads indo saja dibandingkan ads us walaupun entah sudah berapa kali saya ditolak oleh google dan sampai sekarang saya masih berjuang untuk mendapatkannya. 

       Setelah melalui banyak pengalaman dan ilmu baru dari dunia blog, saya tak pernah menyesal menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat artikel yang lebih berkualitas lagi. Didunia blog ini, yang tujuan awal saya hanya mencari uang dan duit (sama aja), kini saya ingin berbagi ilmu yang saya miliki untuk semua pengunjung yang membaca artikel saya dan menjadikan ini sebagai hobi saya karena dari blogging lah saya dapat belajar menulis dan menyusun kosa kata yang lebih baik lagi. 

Begitulah kisah dari pengalaman saya mencari uang secara online yang membuat saya menjadi seorang blogger.. semoga kisah ini bisa memotivasi kalian untuk lebih bersungguh-sungguh dalam mengejar apa yang kalian harapkan.. kalau enggk bisa memotivasi, ambil sisi positifnya aja dari artikel saya ini, hehe... 
Jika kalian ingin membagi pengalaman atau kisah hidup kalian dari yang paling menyenangkan hingga yang paling menyedihkan, kalian bisa mengirimkannya ke e-mail saya ini myts178@gmail.com dan akan dimuat di blog ini dalam menu “pengalaman sobat MYTS” karena diblog ini kita bisa saling berbagi pengalaman dan belajar dari pengalaman orang lain. Terima Kasih sudah membaca dan berkunjung di blog sederhana saya.


Tags:
» Sakitnya di tolak adsense
» Ditolak Adsense
» Belajar NgeBlog
» Bagaimana menjadi seorang blogger sejati
» Kisah seorang blogger
» Ingin menjadi blogger
» Pengalaman Pribadi
» Pengalaman yang memotivasi
» Cara menjadi seorang blogger
» Membuat Blog
» Sulitnya menjadi seorang blogger
» Cara menghasilkan uang dari blog
» Kisah mencari uang secara online
» Kisah blogger pemula
» Manfaat menjadi seorang blogger
» Blog mati ditengah jalan
» Pelajaran yang didapat saat menjadi blogger
» Hikmah menjadi seorang blogger

Previous
Next Post »
Terima Kasih Atas Komentarnya